Visi Misi

Visi Misi

Visi dan Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan

V I S I :

merupakan pandangan jauh ke depan yang harus diwujudkan pada masa yang akan datang, dengan memiliki Visi, arah kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjadi jelas dan terfokus, berikut Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan :

“TERWUJUDNYA  TERTIB  ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DENGAN PELAYANAN PRIMA”

Secara filosofis visi tersebut dapat dijelaskan melalui makna yang terkandung di dalamnya, yaitu :

  1. Terwujudnya adalah suatu upaya dan peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mewujudkan tertib Administrasi Kepedudukan di Kabupaten Lamongan
  2. Tertib yaitu dalam melaksanakan kegiatan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil selalu menjalankan tahapan atau prosedur yang berlaku sesuai dengan peraturan perundang- undangan.
  3.  Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan pendataan dan ketertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan sistim informasi administrasi kependudukan (SIAK) serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lainnya.
  4. Pencatatan Sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang dalam registrasi pencatatan sipil pada instansi pelaksana.
  5. Pelayanan Prima ( excelent service ) adalah suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain, pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas. Pelayanan yang memenuhi standar kualitas adalah suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan/ masyarakat, adanya responsibilitas, akuntabilitas dan trasparansi.

M I S I :

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya- upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi. Misi berfungsi sebagai pedoman bagi segenap komponen penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tanpa mengabaikan mandat yang diberikan, adapun Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Sosialisasi Pelayanan Program Tertib Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  2. Meningkatkan Sarana dan Prasarana Berbasis Teknologi Informasi
  3. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.