Profil

PROFIL DINAS

SUGENG WIDODO, S.Sos.MM

Kepala Dinas Kependudukan  Dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Lamongan

TUGAS POKOK DAN FUNGSIDINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPILKABUPATEN LAMONGAN

Dinas Kependudukan  Dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Lamongan  yang dibentuk berdasarkan  Peraturan Daerah Kabupaten Lamongan Nomor  06 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Lamongan Nomor 03 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Lamongan dan Peraturan Bupati Lamongan  Nomor  26  tahun 2008  tentang kedudukan  tugas dan fungsi Dinas Kependudukan  dan Pencatatan sipil Kabupaten Lamongan.

  1. Kedudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah sebagai unsur pelaksana otonomi daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, berada di bawa dan bertanggungjawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah.
  2. Tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan adalah melaksanakan kewenangan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang kependudukan dan catatan sipil.
  3. Fungsi Dalam melaksanakan tugas, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mempunyai fungsi :
    1. Merumuskan kebijakan teknis bidang kependudukan, catatan sipil, pendataan dan penyuluhan;
    2. Perencanaan teknis program kerja bidang kependudukan, catatan sipil, pendataan dan penyuluhan;
    3. Pembinaan teknis program kerja bidang kependudukan, catatan sipil, pendataan dan penyuluhan;
    4. Pengendalian penyelenggaraan kegiatan bidang kependudukan, catatan sipil, pendataan dan penyuluhan;
    5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  4. Susunan Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  :

          A. Kepala Dinas   

          B. Sekretariat     

1) Sub Bagian Umum;

2) Sub Bagian Keuangan;

3) Sub Bagian Program

          C. Bidang Pelayanan Pelayanan Penduduk

1) Seksi Identitas Penduduk

2) Seksi  Pindah Datang Penduduk;

3) Seksi Pendataan Penduduk.

           D. Bidang Catatan Sipil

1) Seksi Kelahiran dan Kematian;

2) Seksi Perkawinan dan Perceraian;

3) Seksi Pengakuan dan Pengesahan Anak.

           E. Bidang Pengelolaan Informasi Kependudukan

1) Seksi SIAK

2) Seksi Pengolahan dan Penyajian Data

3) Seksi Tata Kelola Dan SDM TIK.

F. Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi

  1. Seksi Inovasi Pelayanan;
  2. Seksi Pemanfaatan Data dan Inovasi ;
  3. Seksi Kerjasama ;

Merumuskan kebijakan teknis bidang kependudukan, catatan sipil,

pendataan dan penyuluhan;