March 1, 2020

Pelayanan 3 in 1, Disdukcapil Lamongan Permudah Pengurusan Administrasi

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, memanjakan warga Lamongan dengan menghadirkan memberikan pelayanan 3 in 1secara online.

“Kita punya program 3 in 1,” kata Sugeng Widodo, Kepala Disdukcapil Lamongan, Jumat, (26/10/2018). Pelayanan 3 in 1 ini akan mempermudah masyarakat Lamongan dalam mengurus pelayanan administrasi kependudukan.

Sugeng menjelaskan, dengan pelayanan 3 in 1, ketika orang tua mengurus akta kelahiran, maka sekaligus akan mendapatkan Kartu Keluarga (KK) baru. “Dengan penambahan jiwa dan kartu identitas anak sekaligus,” ujarnya.

Sugeng menerangkan, dengan pelayanan ini, di awal kepengurusan, masyarakat hanya perlu masuk ke dalam laman resmi Disdukcapil, di https://disdukcapil.lamongankab.go.id.

“Masyarakat bisa login kemudian upload data yang bisa dibutuhkan setelah itu kita verifikasi,” ucap Sugeng. Ia pun membeberkan, paska login, masyarakat hanya perlu mengisi biodatanya secara lengkap.

“Nanti ngisi NIK, bapaknya siapa, ibunya siapa, kalau mau ngurus akte lahir, terus lahirnya di mana, di rumah sakit mana, surat kelahiran dari bidan atau rumah sakit di foto, kemudian KK, kemudian KTP ibu dan bapaknya,” tutur Sugeng.

Setelah berhasil melakukan pengisian itu, sambung Sugeng, maka Disdukcapil akan memprosesnya dengan memverifikasi data yang sudah diinput.

“Setelah dilakukan verifikasi, diprint, baru ditandatangani, dengan sistem ini asal ada jaringan internet bisa selesai,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sugeng menyebut program ini sebagai upaya Disdukcapil untuk mempermudah masyarakat dan memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Hadirnya kepengurusan administrasi kependudukan 3 in 1ini, maka masyarakat tidak perlu lagi bolak-balik ke kantor Disdukcapil Lamongandalam melakukan pengurusan administrasi kependudukan. (*)

Leave your comment

Please enter your name.
Please enter comment.